Belanja on line

Friday, August 15, 2014

mencegah kerusakan lampu

Mencegah kerusakan Lampu Projector terhadap gangguan listrik


Aliran listrik yg sering mati mendadak, baik mati dari PLN maupun MCB Overloaded, akan berpengaruh pada umur lampu proyektor, terutama apabila proyektor sering dihidup/matikan atau digunakan terus menerus.
Pada keadaan listrik normal, apabila kita baru mematikan proyektor, pasti secara otomatis projektor tersebut tidak bisa segera dihidupkan kembali dan dibutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk bisa menghidupkan kembali.
Hal ini terjadi karena Mikroprosesor dalam Proyektor mendeteksi suhu lampu Projector, masih panas dan menunggu hingga suhu lampu menjadi dingin sehingga aman bagi lampu untuk dinyalakan kembali.
Sewaktu dingin, Lampu proyektor memerlukan tegangan starter 25.000 Volt dan setelah panas akan menyala pada tegangan sekitar 70 Volt saja. Sehingga kalau lampu masih panas kena tegangan 25.000 volt, maka lampu akan meledak atau gas lampu menjadi habis / redup.
Proyektor yg mendadak mati karena aliran listrik putus, tidak menjadi rusak / merusakkanLampu proyektor. Tetapi lampu projektor yang dalam keadaan mati, masih panas , langsung dihidupkan akan menjadi redup / meledak.
Apabila proyektor sedang digunakan dan tiba-tiba aliran listrik padam, lalu beberapa detik kemudian listrik menyala lagi. Maka biarkanlah projektor dalam keadaan StandBy / tidak menyala, selama minimal 2 menit   ( supaya lampu menjadi dingin ), setelah itu baru boleh dinyalakan kembali.

No comments:

Post a Comment